Bimbingan Teknis Penyusunan Anjab Dan ABK Perangkat Daerah Kabupaten Nunukan

Hendrik
Hendrik

Bimbingan Teknis Penyusunan Anjab Dan ABK Perangkat Daerah Kabupaten Nunukan

  • Ditulis oleh : Administrator
  • Senin, 09 April 2018 - 21:06
  • Dibaca : 713 kali

ShareFacebookTwitterGoogle+WhatsApp

 

Nunukan - Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan bekerja sama dengan PT. Geomedia Sinergi melaksanakan Bimtek (bimbingan teknis/workshop) dengan tema "Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Jabatan (g-Sinjab) dan Evaluasi Jabatan (g-Evjab)",  dalam rangka penyusunan analisa jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK) perangkat daerah Kabupaten Nunukan pada hari ini di lantai V Kantor Bupati Nunukan. (9/4)

Menurut Laporan Kabag Organisasi Kaharuddin menjelaskan bahwa dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien,  maka Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut untuk bekerja secara profesional. Akan tetapi pada kenyataannya, profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud. Hal tersebut disebabkan karena adanya ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang didudukinya. Ketidaksesuaian tersebut, disebabkan oleh komposisi keahlian atau keterampilan pegawai yang belum profesional.

Demikian pula pada penempatan pegawai saat ini masih belum mengacu pada kebutuhan organisasi yang sebenarnya, dalam arti belum didasarkan pada beban kerja yang ada.

"Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan perbaikan dalam pelaksanaan manajemen kepegawaian ke arah yang lebih baik, terarah, mempunyai pola yang jelas,  serta berkesinambungan, terutama dalam perencanaan formasi pegawai harus didasarkan pada hasil perhitungan beban kerja organisasi," terang Kahar.

Sementara dalam sambutan Bupati Nunukan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum dan Pemerintahan Muhammad Amin, SH yang sekaligus membuka secara resmi bimtek tersebut mengatakan bahwa, "perlu saya tegaskan bahwa analisa dan evaluasi jabatan bukanlah merupakan analisa pribadi atau individu personal dalam jabatan, tetapi merupakan analisa teknis berkenaan dengan karakteristik jabatan tersebut. Oleh karena itu, analisa jabatan seharusnya memuat informasi yang akurat tentang nama dan karakteristik jabatan, uraian tugas dan kegiatan, wewenang dan tanggung jawab, kedudukan dan pola hubungan kerja, perangkat pendukung yang diperlukan, dimensi dan resiko jabatan."

"Ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, gali sebanyak mungkin informasi yang bisa diperoleh dari para narasumber agar sekembalinya saudara ditempat tugas, saudara dapat mengimplementasikan apa yang saudara peroleh dalam menjalankan tugas kedinasan saudara," pesan Laura.

Tim konsultan dari PT. Geomedia Sinergi (Fikri) menjadi narasumber pada kegiatan Bimtek Penyusunan Anjab dan ABK Perangkat Daerah tersebut. (SI/editor:RDJ) – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika Kab. Nunukan.

Sumber, http://www.kabarutara.com