Suasana 10 Muharram di Kabupaten Nunukan

Admin
Admin

Kini kita telah memasuki Tahun ke 1439 dalam kalender Hijriah sejak Nabi Muhammad SAW membawakan ajaran Islam. Pada bulan Muharram, tepatnya tanggal 10 Muharram sebagian umat Islam berbelanja alat-alat rumah tangga. Suasana serupa masih bisa kita temui dalam masyarakat Kabupaten Nunukan yang beragama Islam, yang turut merayakan hal tersebut. (30/9)

10 Muharram dimaknai dalam dua hal. Yang pertama, ada yang memahami sebagai hari keberkahan dan kesyukuran, sehinngga berbelanja di hari ini dipercayai dapat memberikan berkah. Selain berbelanja juga dilaksanakan puasa Asyura. Yang kedua, memahami bahwa 10 Muharram sebagai hari kedukaan dan musibah, dimana pada hari ini terjadi perang saudara antar umat islam dan pembantaian kerabat Nabi Muhammad SAW.

Pasar Yamaker Nunukan pun ramai dikunjungi warga untuk berbelanja perabotan rumah tangga maupun peralatan daput. Pada momentum ini, harga yang ditawarkan pedagang relatif lebih murah.

Peringatan 10 Muharram dilaksanakan berdasarkan riwayat yang dikenal dengan sebutan Asyura. Meski ada beberapa pandangan yang berbeda terkait hal tersebut, bukan berarti menjadi hal untuk menjadi pemicu bela umat, melainkan menjadi bentuk untuk lebih mengukuhkan persatuan. 

Sumber: http://www.nunukankab.go.id