Warga Perbatasan Indonesia-Malaysia Gelar Gerak Jalan

Admin
Admin

NUNUKAN - Menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, masyarakat di perbatasan Indonesia – Malaysia menggelar lomba gerak jalan bernuansa perjuangan kemerdekaan.

Acara lomba di Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan itu digelar Senin (15/8/2016). Teriknya matahari yang mencapai 33 derajat celsius tak menyurutkan semangat ratusan regu peserta gerak jalan yang diantaranya memakai kostum pejuang 45 membawa bambu runcing dan caping. Ada juga yang memakai kostum Pramugari dan petani.

Sebagian peserta menampilkan ketrampilan buka barisan dan tutup barisan di tengah jalan raya yang menjadi rute gerak jalan, disaksikan ribuan warga Sebatik yang menyemut di sepanjang jalan. Namun jarak tempuh yang mencapai 5 kilometer membuat beberapa peserta terpaksa diangkut Ambulans panitia karena mengalami dehidrasi.

Salah satu peserta dari Madrasah ibtidaiyah Sebatik yang menggenggam bambu runcing lengkap dengan topi caping ala pejuang 45 mengaku ia mengenakan kostum itu karena ingin tampil unik. “Biar unik dan biar bisa memperlihatkan semangat perjuangan 45. Karena kami semangat memperingati HUT RI ke 71 ini,” ujar Ihsan, Senin (14/08/2016)

Selain menggelar lomba gerak jalan, semangat memperingati HUT RI di wilayah perbatasan terlihat dari bendera yang dipasang hampir seluruh warga di sebatik. Bahkan tidak hanya bendera dan umbul umbul saja, warga juga memasang bendera di mobil dan motor mereka.

“Setiap tahun ya memang begini kami memperingati HUT RI. Menggelar lomba gerak jalan dan memasang bendera baik di rumah, di mobil maupun di motor. Itu bukti kami di perbatasan cinta NKRI,” ujar Zainudin. #dhim

sumber: http://beritakaltara.com/?p=25045